Senin, 17 September 2012

TUTORIAL FLASH FIRMWARE SAMSUNG GALAXY Y DUOS GT-S6102


Ditujukan untuk Pencinta Samsung Galaxy Y Duos GT-S6102
yg mengalami Error / Bootloop / Brick / White Screen
serta yg ingin Down Grade atau Upgrade Stock ROM
atau demi Keperluan Menyelamatkan data dan yang lainnya

Dibuat berdasarkan Singgle Pack Stock ROM Update dari Sammobile
Splitted dengan splitFUS2 buatan Om Doky 73 di XDA Developers melalui Cygwin, Oleh MNgez Pribadi.
Flashed dengan Odin3 V1.85
Teruji dan Berhasil Flash Paket Firmware dengan Odin, Terdeteksi dengan Baik di KIES...

Persiapan Bahan Bahan:
- Samsung USB Driver atau Selengkapnya Samsung KIES
- Odin3 V1.85 + Torino 1205.pit : Mediafire atau 4*shared 
- [Stock][ROM][Odin] Galaxy Y Duos S6102 flashable firmware packages

Perhatian:
Prepare Untuk Back Up dengan CWM dan KIES sebelum Praktek

Baca Baik Baik Sebelum Praktek
Laporkan Apabila terjadi Kegagalan


Tutorial Singkat:
1. Unduh Odin3 V1.85 (bilamana belum Punya) dan ROM yang anda Butuhkan
2. Simpan Odin di C:/Odin
3. Ekstraks file Stock Rom yang udah di Unduh di folder yang sama
4. Matikan HH,
5. Masuk ke Download Mode/Odin Mode dengan cara Tekan Bareng "VolDown+Power+Home"
6. di PC Setelah Semua Bahan Hadir. Keluarkan/exit dari KIES dan Aplikasi Samsung lainnya.
7. Masuk Ke Folder C:/Odin tadi yang telah berisi ROM dan Odinnya
8. Colok HH dengan USB
9. Doble Klik Odin3 v1.85.exe hingga keluar Jendelanya

(pastikan terdeteksi di Odin lihat kolom ID:COM biasanya kalo terdeteksi warnanya kuning dengan "ID: 0:[COM5]")

10. Di menu Hanya centang Auto Reboot dan F. Reset Time
      Note: Hanya Centang Repartition dan Input Kolom PIT dengan file Torino.1205 

                 Apabila sebelumnya mengalami White Screen setelah Salah Flash 
                 menggunakan FW Device lain.
11. Isi Kolom PDA: dgn PDA*****.tar.md5
12. Isi Kolom Phone: dgn MODEM*****.tar.md5
13. Isi Kolom CSC: dgn CSC*****.tar.md5
seperti gambar berikut:

14. Klik Start, biarkan berjalan:
Odin Start:

15. Tunggu hingga proses berjalan...
16. Kalo selesai pastikan seperti berikut di ending:
 Odin Finish:
<ID:0/005> Completed
<OSM> All threads completed. (Succeed 1 / failed 0)
<ID:0/005> Removed!!!
seperti berikut:

17. HH akan Reboot Otomatis
18. Tunggu beberapa saat hingga startup jangan dimatikan
19. Lanjutkan dengan Pendaftaran Akun Google dan seterusnya pada HH

Selamat Menikmati...

Penting Untuk dibaca:
  1. Setelah Pass biarkan hingga beberapa kali Added dan Remove pada Odin. Biarkan Device Bootloop sepuasnya.
    Kalo dah ga ada Respone dari Odin baru Cabut Kabel Data. Trus cabut batre, diamkan 20 Detik. Pasang kembali batre diamkan 20 Detik.
    Selanjutnya masuk Stock Recovery Pilih Wipe Cache trus Wipe Data. Reboot. Finish deh...
  2. Sebelum Flashing Pastikan Batre terisi penuh atau setidaknya >70% untuk memastikan tidak terganggu oleh kekurangan daya pada saat Flashing. yang bisa menyebabkan White Screen atau bahkan Hard Brick
  3. Ingat Gan Tiap Device mempunya FW yang berbeda, sehingga pastikan Input FW yang sesuai dengan Device agan. Jangan Gunakan FW GT-S6102 dengan FW GT-S5360 ataupun sebaliknya
  4. Apabila sebelum atau sesudah Flashing terjadi Kasus White Screen terutama apabila salah menggunakan / input file FW.
    Alangkah baiknya melakukan hal berikut terlebih dahulu:
    • Matikan Paksa Device dgn Cabut Batre
    • Diamkan selama kuranglebih 20 Detik
    • Pasang kembali Batre pada Device namun jangan Nyalakan
    • Charging dengan Charger Original jangan menggunakan Cable Data USB atau yang lain. Abaikan Layar yang hanya menampilkan White Screen.
    • Pastikan Batre terisi penuh
    • Setelah dirasa Penuh silahkan masuk ke Odin Mode (Tekan dan tahan bareng: VolDown+Home+Power), Abaikan Layar yang hanya menampilkan White Screen. 
    • Lanjutkan dengan klik VolUp
    • Sambungkan Device dengan Kabel Data Usb ke Pisi atau Lepty
    • Aktifkan Odin dan lanjutkan Flashing sebagaimana diatas.
      Namun ada Sedikit tambahan yaiitu:
      Tambahkan File Torino_1205.pit yang ada pada Paket File Odin yang saya lampirkan, masukkan pada Kolom "PIT" dan centang "Repartition"
    • Bootloop? lanjutkan sebagaimana Point 1 pada "Penting Untuk di Baca"

Tambahan :
Hanya Buat yang tidak dapat Akses ke Recovery Mode
Dowload Bootloader yang sudah saya sertakan pada Post Stock ROM
Caranya Sama dengan selayaknya Flashing biasa
Namun dengan tambahan sebagai berikut :

  1. Matikan Device
  2. Cabut Kartu Sim dan Kartu SD
  3. Masuk Ke Dowload Mode
  4. Jalankan Odin
  5. Hubungkan Device dengan PC atau Laptop melalui Kabel USB
  6. Masukkan FW dan lainnya Pada Kolom yang disediakan
    - PIT : torino_1205.pit
    - Bootloader : DefaultCalDataWithBoot_S5360XXKI9_REV05.tar
    - PDA : PDA*****.tar.md5
    - Phone : MODEM*****.tar.md5
    - CSC : CSC*****.tar.md5
    - centang Re-Partition, Auto Reboot dan F.Reset Time
  7. Silahkan Klik "START" bilamana sudah sesuai
  8. Biarkan Hingga Selesai
  9. Setelah Selesai Silahkan Masuk Ke Recovery Mode dan lakukan Wipe Data dan Cache
  10. Reboot dan Selesai

PERINGATAN !!!
Gunakan Bootloader Hanya Apabila Mengalami Hard Brick atau tidak dapat Masuk Ke Recovery Mode

TAK LUPA JUGA MENGINGATKAN BAHWA 
SAYA TIDAK BERTANGGUNGJAWAB APABILA TERJADI KERUSAKAN DALAM BENTUK APAPUN 
MAAF BERIBU MAAF
SEGALA RESIKO TANGGUNG SENDIRI

TERIMA KASIH BANYAK
MAY ALLAH SWT BLESS YOU ALL